Cara Tepat Mencegah Osteoporosis -Info Sehat

Cara Tepat Mencegah Osteoporosis  -Info Sehat

Osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan risiko patah tulang (WHO 1994).

Gejala osteoporosis sering diabaikan oleh pasien karena tidak ada gejala spesifik. Gejala dapat berupa nyeri pada tulang dan otot, terutama sering terjadi pada punggung.

Patah tulang yang paling umum terjadi di bagian pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Terjadinya patah tulang ini meningkat seiring meningkatnya usia baik pada wanita maupun pria.

Patah tulang belakang dapat berimbas pada beberapa konsekuensi yang cukup serius, antara lain: menurunnya tinggi badan, rasa sakit pada punggung yang menyiksa, dan berubahnya bentuk tulang. Sedangkan patah tulang pinggul, terkadang dibutuhkan operasi lebih lanjut untuk penanganannya.

Kabar baiknya, sekarang ini osteoporosis dapat ditangani dengan kombinasi solusi yang tepat! Penggabungan antara perubahan pola hidup dan pengobatan yang tepat akan menghindarkan Anda dari resiko patah tulang.
Osteoporosis terjadi bila hilangnya massa tulang lebih besar daripada produksinya.

Pencegahan

Oleh karena itu sebelum hal tersebut terjadi kepada anda sebaiknya anda melakukan tindakan pencegahan osteoporosis supaya anda dapat mengatasi penyakit tersebut sejak dini. Karena jika anda merawat tulang anda sejak dini maka resiko terjadinya osteoporosis akan bisa ditanggulangi dan bahkan anda akan terhindar dari penyakit tulang tersebut.
Beikut cara mencegah datangnya penyakit osteoporosis :

• Perbanyak konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh anda, seperti misalnya susu, brokoli, bayam, jenis-jenis makanan laut dan berbagai makanan lainnya yang mengandung kalisum tinggi.

• Karena obesitas juga sangat berperan dalam menimbulkan osteoporosis maka sebaiknya anda selalu melakukan cek berat badan anda supaya berat badan anda selalu terkontrol sehingga terhindar dari obesitas yang bisa menyebabkan osteoporosis.

• Jangan sepelekan nyeri tulang. Jika anda sering mengalami nyeri tulang tanpa sebab maka anda perlu sedikit lebih waspada. Saat mengalami nyeri tulang anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

• Walaupun obesitas memang menyebabkan osteoporosis namun bukan berarti anda harus melakukan diet yang berlebihan. Dengan melakukan diet secara ekstrim anda justru akan kehilangan beberapa nutrisi penting dalam tubuh, termasuk kalsium.

• Dalam pengertian dan pencegahan osteoporosis diatas menerangkan bahwa Osteoporosis lebih sering menjangkiti wanita yang telah menopause, sehingga bagi wanita yang telah menopause sebaiknya memperbanyak konsumsi suplemen kalsium untuk menambah nutrisi kalsium pada tubuh.

Share this post

Post Comment